Sistem Informasi

Sistem Informasi terdiri dari dua kata yaitu Sistem dan Informasi. Sistem sendiri berarti gabungan daari beberapa sub sistem yang bertujuan untuk mencapai satu tujuan. Informasi berarti sesuatu yang mudah dipahami oleh si penerima. Jadi Sistem Informasi kurang lebih mempunyai makna sistem yang bertujuan untuk menampilkan informasi. Ada lima komponen sistem informasi yaitu hardware, programs, data, procedures, dan people.



Disini hanya akan dibahas salah satu dari kelima komponen sistem informasi yaitu Computer Hardware yang meliputi input hardware, processing hardware, storage hardware, dan output hardware.

1.INPUT HARDWARE
Input hardware digunakan untuk mentransmisikan data ke processing dan storage hardware, peralatan yang paling populer untuk memasukkan data yaitu kombinasi antara keyboard dan layar monitor. Layar monitor dianggap sebagai bagiandari input hardware karena digunakan untuk memeriksa apakah data yang akan digunakan telah diketik. Di samping jenis input hardware diatas, terdapat juga input hardware lainya yaitu mouse, scanner, voice recognition device, handwriting recognition device, mechine data input (misal: modem), light pen, bar code reader dll.
1.PROCESSING HARDWARE
Processing hardware meliputi peralatan yang bertugas untuk menghitung, membandingkan dan melaksanakan instruksi-instruksi khusus. Dalam CPU (Central Processing Unit) terdapat control unit, ALU (Arithmetic Logic Unit), dan sistem memory yang kadang-kadang disebut main memory. Control unit mengambil instruksi-instruksi yang telah diterjemahkan. Sistem memory digunakan untuk menyimpan instruksi data dan instruksi program. Untuk mengubungkan CPU dengan peralatan komputer lainya digunakan data bus atau processor chanel. Pprocessor chanel terdapat pada motherboard, mempunyai expansion slots yang berfungsi untuk menghubungkan dengan peralatan tambahan seperti floppy disk, plotters, printers, mouse, modem, multimedia, dll.

1.STORAGE HARDWARE
RAM dipakai untuk menyimpan data atau program yanag sedang aktif diproses. RAM tidak dapat dipakai sebagai storage hardware karena kapasitas RAM terbatas san RAM bersifat volatile, dimana data akan hilang jika sistem shut down. Sebagai penggantinya dipakai external magnetic media untuk menyimpan data dan program yang sedang aktif diproses. Ada dua jenis magnetic storage hardware yaitu disk dan tape.

Disk storage banyak digunakan sebagai medium storage dalam industri sistem informasi. Disk storage terdiri atas tracs dan sectors yang merupakan tempat menyimpan data secara magnetic. Data dibaca dan direkam dengan menggunakan read/write heads.

Tape storage merupakan storage yang berbentuk magnetic tape. Keuntungannya yaitu hargannya relatif lebih murah, sedangkan kerugianya yaitu data hanya dapat diakses secara berurutan.

Jenis storage hardware lainya adalah optical storage hardware. Keuntungan optical disk ialah mempunyai kapasitas yang tinggi, compact, dan durable storage. Sedangkan kerugianya: sulit untuk merubah data, dan lebih mahal.

Ada tiga macam optical starage hardware, yaitu:

•CD-ROM (compact disk – read only memory), populer digunkan pada multimedia. Optical storage data direkam dengan menggunakan laser untuk membakar lekukan kecil pada ppermukaan metal master disk. Selanjutnya seperti audio CD, hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi.
•WORM (write once/read-many) optical disk, merupakan disk yang hanya dapat ditulisi sekali kemudian hanya dapat dibaca dan tidak dapat dipakai untuk merekam lagi. WORM device dipakai untuk memelihara satu record permanen yang pentting dari seluruh data. Misalnya proses transaksi pada jaringan keuangan.
•Eraseble optical disks, dapat dibaca dan ditulisi.
1.OUTPUT HARDWARE
Jenis output hardware yang banyak digunkan yaitu printer. Printer dapat diklasifikasiikan daam beberapa cara, salah satu diantaranya character printers, line printers, dan page printers. Character printers umumnya berharga murah, mencetak per karakter, dan lambat. Line printers mencetak per baris, dipakai untuk mencetak sejumlah besar bentuk standard seperti invoice bulanan. Ppage printers mencetak perhalaman, seperti mesin photo copy dan biasanya menggunkan laser untuk menghasilkan printed character.

SOURCE:
http://kuliahimkuin.wordpress.com/2009/09/10/sistem-informasi/

Diposting oleh nidalsaputraramadhan Rabu, 30 Desember 2009

0 komentar

Posting Komentar

Subscribe here